Pengawan, Pengendalian dan Pembinaan

Upaya agar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tidak jatuh dalam pelanggaran penyelenggaraan pendidikan tinggi maka perlu dilakukan kegiatan pengawasan pengendalian, dan pembinaan (Wasdalbin). Salah satu metode pelaksanaan Wasdalbin di bidang pengendalian adalah pelaksanaan kegiatan Evaluasi Kinerja Akademik (EKA).

Pelaksanaan Wasdalbin di bidang pengawasan adalah pelaporan PD Dikti yang dipantau secara rutin oleh Kopertis. Pelaksanaan Wasdalbin di bidang pembinaan adalah melalui kegiatan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang berkelanjutan. Pembinaan tersebut bertujuan agar Perguruan Tinggi Bermasalah (PTB) dapat sehat kembali dan menjalankan tridharma perguruan tinggi sesuai dengan SN-Dikti melalui pelaksanaan SPMI serta untuk mendorong PTS untuk meningkatkan nilai akreditasi prodi dari C ke B dan dari B ke A.

Pelaksanaan tugas Evaluasi Kinerja Akedemik (EKA) difokuskan pada ketaatan PTS dalam menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi dengan merujuk pada Standar Nasional Pendidikan Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) melalui pelaksanaan SPMI, Hasil yang diperoleh dalam pelaksanaan kegiatan EKA selanjutnya dianalisis untuk memetakan dan/atau menentukan:

  • PTS yang melakukan pelanggaran ringan, sedang dan berat berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 100 Tahun 2016 tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan lzin Perguruan Tinggi Swasta.
  • PTS yang perlu dilakukan pembinaan secara berkelanjutan karena belum memenuhi ketentuan pada SN-Dikti.
  • PTS yang memenuhi ketentuan pada SN-Dikti untuk diberikan penghargaan.
  • PTS  yang  harus  diundang dalam bimbingan teknis (bimtek) EKA yang dikaitkan dengan pelaksanaan SPMI.
  • PTS yang bisa  tingkatkan nilai akreditasi prodi ke peringkat A atau B.

Kegiatan EKA ini dilakukan terhadap semua PTS. Selain itu, dilakukan pula berbagai sosialisasi dan pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) agar PTS dapat melaksanakan SN-Dikti dan meningkatkan nilai akreditasi prodinya.